3 Fakta Tentang Bata Ringan Yang Harus Kamu Ketahui


Bata ringan adalah batu bata yang seperti pada umumnya tetapi memiliki berat jenis lebih ringan dari yang biasanya. Berat jenis bata ringan sangat ringan walau memiliki ukuran yang besar menjadikannya sebagai alternatif pengganti batu bata merah. Dan 3 fakta tentang bata ringan, yaitu :

1. Banyak yang beranggapan bahwa bata ringan dapat dengan mudah dibongkar jika sudah terpasang karena memiliki berat jenis yang ringan. Faktanya itu tidak benar, walau memiliki berat jenis yang ringan jika pemasangan bata ringannya dipasang dengan benar maka membuat bata ringan menjadi bangunan yang kokoh dan tidak mudah dibongkar.

2. Dan banyak yang beranggapan bahwa bata ringan tidak tahan terhadap air karena memiliki pori-pori atau lubang-lubang kecil sehingga terlihat akan menyerap air dengan cepat jika terdapat pori-porinya. Faktanya tidak demikian, meskipun memiliki pori-pori atau lubang-lubang kecil yang banyak bata ringan memiliki daya resap air yang rendah karena pori-pori yang terdapat pada bata ringan tidak saling terhubung sehingga air tidak mudah untuk merembes ke dalam.

3. Anggapan bahwa biaya atau harga bata ringan lebih mahal dari pada bata merah. Faktanya adalah harga bata ringan tidak semahal yang dipikirkan karena sudah banyak bata ringan dengan berbagai merek yang beredar di pasaran dan membuat harga bata ringan lebih bersaing. Dan jika dilihat dari segi fisik meterial harga bata ringan tampak agak lebih mahal dari pada bata merah. Tetapi jika dilihat secara keseluruhan biaya pengerjaan pada bangunan antara menggunakan bata ringan dengan bata merah tidaklah terlalu jauh perbandingannya malah relatif lebih murah jika efisiensi waktu juga kita perhitungkan.