Contoh cara menghitung Struktur Untuk Panel Lantai Citicon

Menghitung Struktur panel lantai citicon pada dasarnya sama dengan perhitungan struktur untuk bangunan konvensional, yang membedakan hanya di berat jenis pada plat lantainya yang biasanya untuk plat lantai cor beton konvensional berat jenisnya = 2.400 kg/m3, sedangkan untuk Panel Lantai CITICON berat jenisnya = 800 kg/m3.

Rencana struktur sebaiknya sudah harus ada pada saat pembuatan denah lantai pertama. Perencanaan ruangan-ruangan diatas panel lantai AAC harus  di kompromikan dengan ruangan-ruangan dalam lantai satu, begitu pula sebaliknya. Perencanaan ini merupakan suatu proses merajut denah agar terbentuk banyak kesegarisan antara sisi dinding ruangan-rungan di lantai 1 dan ruangan-rungan di lantai dua yang menggunakan panel lantai AAC. Di karenakan di setiap panel lantai AAC yang diatasnya terdapat dinding harus ada balok struktur di bawah panel lantai AAC.
Perencanaan dan perancangan ruangan-ruangan dalam sebaiknya menghindari penambahan balok anak dan pemotongan panel lantai AAC, oleh karena itu sebisa mungkin jarak antara balok disesuaikan dengan type panjang panel lantai AAC, yaitu mulai dari 1.5 m, 2 m, 2.25 m, 2.5 m, 2.75 m, 3 m terakhir panjang maksimal 3.25 m.Lebar balok beton yang di gunakan sebagai dudukan panel lantai AAC lebar minimum adalah 15 cm, untuk perhitungan dimensi perolehan angka pendekatan dalam estimasi ketinggian beton upper structure dapat di jabarkan melalui rumus berikut:
Tinggi Balok  = 1/12 bentang ruang 

Berikut Contoh perhitungan pembalokan untuk Struktur Panel Lantai Citicon :

Update Harga :