Mana yang Lebih Baik Panel Lantai Hebel atau Cor Konvensional?

 


Rumah memang bagian terpenting di kehidupan manusia sebagai bangunan tempat tinggal. Dari masa ke masa rumah juga mengalami beberapa evolusi bentuk. Untuk sekarang ini rumah harus dilihat dari segi hemat energi dan tahan akan gempa. Karena keterbatasan sumber daya alam dan di indonesia terdapat aturan tentang bangunan gedung yang mewajibkan bangunan memenuhi persyaratan keselamatan salah satunya adalah perlindungan terhadapt gempa.

Untuk itu panel lantai (hebel) adalah solusi terbaik untuk bangunan masa kini. Karena keunggulannya yang hemat energi yaitu memiliki sifat insulasi yang baik membuat ruangan sejuk sehingga hemat energi penggunaan listrik untuk AC dan ketahanannya yang baik di daerah gempa karena berat jenis ringan sehingga memiliki ketahanan yang baik terhadap getaran maupun gempa.

Dan orangpun sudah banyak menggunakannya berikut beberapa pengalaman orang yang menggunakan panel lantai (hebel) yang saya kutip :

“Setelah cari sana dan sini , baca sana dan sini sampai pergi ke pameran akhirnya batal pakai keraton , Hebel jadi pilihan terutama karena tukangnya ternyata gak pengalaman masang keraton, tapi Hebel…, ya daripada dak biasa yg bakalan butuh banyak perancah , kami pilihlah si Hebel ini…

“Niat awal untuk renovasi rumah memang sudah ada, namun ingin cari bahan alternatif untuk lantai cor beton yang menurut saya itu komponen yang paling berat dari biaya dan beban konstruksinya juga.

Setelah melihat-lihat pilihan untuk lantai tingkat ada berbagai macam, yaitu : beton, keraton (keramik beton), spandek (tulangan plat besi) dan hebel (beton ringan). setelah di review saya tertarik menggunakan bahan yang paling ringan dan kuat. Spandek awalnya, namun referensi tukang dan material pendukungnya sepertinya lebih sulit. Kebetulan pada saat yang sama teman sedang renovasi yang ternyata menggunakan hebel sebagai materialnya. Tanya-tanya mengenai renovasinya dan yang terpenting harga renovasi-nya.

Akhirnya saya putuskan menggunakan Hebel sebagai material utamanya dengan alasan untuk pemasangan lantai atas lebih cepat karena sudah jadi blok-blok lantai.

GAMBARAN PROSES PEMASANGAN PANEL LANTAI

Pengiriman panel lantai ringan
Panel lantai ditandai oleh kode kode sesuai dengan peletakan di lapangan, setelah itu siap untuk dikirim ke lokasi proyek.

Penurunan panel dari truck ke lokasi stok area
Setelah sampai dilokasi panel akan diturunkan ke stok area di lokasi proyek dan akan dilangsir menuju ke lokasi pemasangan. Akan lebih baik apabila truck pengiriman bisa langsung berhenti tepat di bawah struktur bangunan yang akan dipasang karena akan dapat langsung diangkat menggunakan hoist / takel.

Pengangkatan panel ke atas struktur bangunan
Panel akan diangkat ke atas struktur dengan menggunakan bantuan takel / hoist. Setelah sampai diatas struktur panel akan langsung ditempatkan diposisi sesuai dengan gambar kerja.

Peletakan panel lantai hebel di atas struktur bangunan
Setelah diletakan diatas balok baja atau beton, panel akan digeser dan di setting sehingga peletakannya sesuai dengan gambar kerja.

Pemasangan pembesian antar sambungan panel dan diatas balok struktur
Setelah panel lantai terpasang seluruhnya, akan dilanjutkan dengan pekerjaan pemasangan besi diantara sambungan panel lantai dan juga pengikat ke atas balok struktur

Cor sambungan antar panel dan diatas balok
Setelah besi pengikat terpasang semua , langkah terakhir adalah melakukan pengecoran disepanjang daerah yang sudah terpasang pembesian. Proses pengecoran ini dapat dibantu dengan bahan Beton Instant. Pemasangan panel lantai ringan pun telah selesai terpasang dan dapat langsung dipasang keramik

Update Harga :